Sabtu, 10 November 2012

10 Lagu Cover Version Terheboh

Diposting oleh Fuad Assidiq

Jangan kuatir kalau suatu saat semua kombinasi not musik sudah terpakai seluruhnya dan membuat setiap lagu baru yang diciptakan dituduh plagiat. Karena selalu masih ada kesempatan untuk membuat cover version, kalau perlu membuat cover version of cover version. Cover version sendiri merupakan istilah yang digunakan saat sebuah lagu (yang biasanya ngetop) dinyanyikan ulang oleh penyanyi/artis lain.

Banyak cover version yang dinyanyikan dengan baik, tetapi kalau mirip-mirip saja dengan versi originalnya, kok rasanya kurang segar. Jadi, berikut daftar 10 lagu cover version terheboh yang menimbulkan nuansa baru, menurut versi whiteduivel. Kalau ada pendapat lain, silakan ditambahkan di comment :)


10. Nighwish – Over the Hills and Far Away (Gary Moore)
Dari EP Nightwish – Over the Hills and Far Away (2001)

Biarpun aslinya dinyanyikan oleh Gary Moore, Nightwish dengan vokalis cewek (saat itu Tarja Turunen) membawakan lagu ini dengan tidak kalah garang. Memang tidak terlalu berubah dari sisi aransemen dan tempo, tetapi perbedaan mencolok dari sisi vokal dan sound khas Nightwish sudah berhasil membawa versi ini ke alam symphonic metal.

9. Sebastian Bach – Children of the Damned (Iron Maiden)
Dari album Slave to the Power: The Iron Maiden Tribute (2000)

Tidak banyak vokalis yang berani “menantang” vokal Bruce Dickinson, apalagi dari genre hard rock 80-an, Sebastian Bach mungkin satu-satunya dari genre tersebut yang berani membawakan “Children of the Damned”. Vokalis yang satu ini memang punya kualitas vokal diatas rata-rata vokalis band sealiran Skid Row. Hasilnya memang tidak kalah dibanding versi asli, hanya masalah selera, lebih suka style Dickinson atau Bach. Sayangnya selain lagu ini, Sebastian Bach tidak pernah lagi membawakan lagu Iron Maiden.

8. Vision Divine – Take On Me (a-ha)
Dari album Vision Divine – Send Me An Angel (2002)

Lagu ini memang pantas dijadikan versi metal, karena sudah dari sananya bertempo cepat (walaupun mungkin sekilas versi Vision Divine lebih cepat, tapi itu cuma efek samping double bass drumming), plus membutuhkan range vokal yang lebar. Bukan masalah jika yang membawakannya adalah Vision Divine dengan vokalis Fabio Lione, biarpun saya lebih suka seandainya vokalisnya adalah Michele Luppi.

7. Angra – Wuthering Heights (Kate Bush)

Dari album Angra – Angel Cry (1993)

Andre Matos memiliki vokal yang sangat unik, lembut tapi metal. Itulah yang membuat Angra sangat pantas mengcover lagu “Wuthering Heights” yang dinyanyikan oleh Kate Bush. Dari awal sampai akhir merupakan pameran range vokal Matos meniti nada-nada yang sukar dinyanyikan kebanyakan penyanyi pria.

6. Helloween – Lay All Your Love On Me (ABBA)
Dari album Helloween – Metal Jukebox (1999)

Helloween berhasil menyulap lagu ini menjadi sangat Helloween-ish, gabungan aransemen yang gagah dan melodik, serta vokal Andi Deris yang unik, sudah cukup mengubah lagu pop dari ABBA menjadi lagu metal yang luar biasa nikmat. Lebih baik dibandingkan versi metal lainnya yang dibawakan Avantasia.

5. Yngwie Malmsteen – Beat It (Michael Jackson)
Dari album Yngwie Malmsteen – High Impact (2009)

Yngwie membawakan lagu Deep Purple atau Jimi Hendrix memang sudah biasa. Tapi lagu Michael Jackson? Hampir tak dapat dipercaya. Tapi itulah yang terjadi. Yngwie membawakan “Beat It” dengan vokalis Tim “Ripper” Owens yang entah bahagia ataukah dengan terpaksa melakukan tugas ini (jangan-jangan Ripper Owens menyanyikan ini dengan gaya robot stress ala MJ). Sedahsyat apapun Yngwie nge-shred, tidak menghapus roh MJ sehingga membuat lagu ini terdengar sangat dipaksakan. Mengingat Yngwie pernah membuat lagu berjudul “Krakatau”, siapa tahu nanti Yngwie berpikir untuk mengcover “Bengawan Solo”?heheehe

4. Manowar – Nessun Dorma (opera Giacomo Puccini)
Dari album Manowar – Warriors of the World (2002)

Band (khususnya vokalis) metal membawakan lagu opera yang sering dinyanyikan Pavarotti atau Andrea Bocelli? Mungkin cuma Eric Adams yang pernah melakukannya (Jon Bon Jovi pernah berduet dengan Pavarotti pada lagu “Let It Rain”, tapi Jon tidak berniat menyaingi suara tenor Pavarotti). Nessun Dorma, biasanya dinyanyikan dengan suara tenor yang kuat oleh penyanyi opera, dan Eric Adams membawakannya dengan gagah, plus lengkingan devilish di akhir lagu yang tidak akan kita dengar di pertunjukan opera manapun.

3. van Canto – Kings Of Metal (Manowar)
Dari album van Canto – Hero (2006)

van Canto adalah band “a cappella” beraliran.. metal! Beberapa cover versionnya antara lain “Battery”, “Master of Puppets” (Metallica), “Fear of the Dark” (Iron Maiden), “Wishmaster” (Nightwish). Semua covernya memang unik, tapi kadang unsur metalnya terdengar kurang, karena harus diakui suara “ridlilili dum dum tum tum humpimpla” ala van Canto belum bisa menandingi sangarnya sound metal gitar elektrik. Tapi saat menyanyikan Kings of Metal (Manowar), warna metalnya terdengar klop dan unsur megah lagu “Kings of Metal” sangat mengena.

2. Sonata Arctica – Wind Beneath My Wings (Bette Midler)
Dari EP Sonata Arctica – Orientation (2001)

Kalau versi aslinya sangat lembut (dinyanyikan oleh Bette Midler, walaupun sebenarnya Bette Midler-pun mengcover lagu ini), maka versi Sonata Arctica bernuansa hard rock, tetapi buat saya justru lebih menyentuh. Aransemen musik dirombak total, vokal Tony Kakko menyanyikannya dengan emosi sedemikian pas, permainan gitar Jani Liimatainen terdengar elegan. Buat saya inilah hasil coveran Sonata Arctica yang paling keren (Silent Jealousy juga keren, biarpun cuma intro).

1. Children of Bodom – Oops! I Did It Again (Britney Spears)
Dari album Children of Bodom – Are You Dead Yet? (2005)

Sejauh ini, inilah cover version terheboh yang pernah saya dengar. Style death metal Children of Bodom (CoB) mungkin masih nyambung saat mengcover lagu Powerslave & Aces High (Iron Maiden), bahkan Talk Dirty To Me (Poison). Tapi mengcover salah satu lagu paling populer Britney Spears? Hebatnya, CoB berhasil melakukannya dengan sukses (bagi penggemar metal, tapi mungkin pelecehan bagi penggemar pop). Harus diakui CoB adalah master of cover version. Sayang, Britney Spears tidak membalasnya dengan mengcover salah satu lagu Children of Bodom.

4 komentar:

Budayakan memberi komentar setelah membaca